Senin, 15 November 2010

SUMBER DAYA DAN IDENTITAS ORGANISASI (Resource and Identity Organisation)

Sumber daya dan Identitas Organisasi Peran Retorika dalam Penciptaan Keunggulan Kompetitif


Menggunakan RBV untuk menunjukkan bagaimana organisasi menggunakan retorika tentang identitas ganda untuk meningkatkan kompetitif keunggulan perusahaan. Menyajikan model yang menggambarkan bagaimana retorika dapat beralih perhatian audience antara identitas dan sumber daya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
Sumber daya Resource Based View (RBV) dari strategi organisasi berpendapat bahwa keunggulan kompetitif perusahaan timbul dari nilai, kelangkaan, nonimitability, dan nonsubstitutability sumber dayanya. Atribut ini konstruksi retorik. Oleh karena itu, organisasi akan menghubungkan retorika, sumber daya, dan RBV dengan cara memberikan pengaruh retorika yang penting bagi tindakan di perusahaan dan pada kelangsungan hidupnya.

A. Retorika, Identitas, dan RBV
1. Retorika
Retorika adalah penggunaan bahasa tertentu digunakan untuk pembujukan secara persuasi. Dalam organisasi, retorika bisa digunakan sebagai penggambaran atau simbol. Dan retorika bagi suatu organisasi sangatlah penting. Retorika sebagai pembujuk-rayuan agar mereka percaya. Sebelum melakukan pembicaraan, maka ketahui dahulu siapa, apa, dan bagaimana harus berbicara.
Retorika biasanya melibatkan penggunaan bahasa, tetapi retorika juga memiliki arti sym-bolic luar literal. Kami menemukan bahwa arti dalam gambar seperti iklan diam, kata-kata seperti angka dan kiasan.
Retorika terbagi menjadi dua, yaitu retorika verbal dan non-verbal. Retorika verbal adalah membujuk seseorang atau sekelompok baik dengan berbicara, melalui Iklan, maupun yang lainnya. Sedangkan Retorika non-verbal adalah berupa simbol saja sebagai pengerat kekerabatan misalnya saling berjabat tangan dengan gaya tertentu, dan sebagainya.
Misalnya dalam suatu perusahaan “A”, mereka mempunyai produk yang sangat bagus. Mereka ingin memperkenalkan produk ini ke perusahaan lain dan masyarakat. Oleh karena itu, untuk memperkenalkan produk tersebut membutuhkan retorika.
Beberapa dimensi ideologi retorika
1. Dimensi filosofis kemanusiaan, dari dimensi ini, kita mengedepankan pemahaman dari sudut identitas (ciri pembeda) antara eksistensi. Identitas pembedanya:
•antara makhluk manusia dengan selain manusia
•antara manusia yang berbudaya
•antara yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, pandangan hidup
2. Dimensi teknis, berbicara adalah sebuah teknik penggunaan symbol dalam proses interaksi informasi.
3. Dimensi proses penampakan diri atau aktualisasi diri. Berbicara itu adalah salah satu keperluan yang tidak bisa ditinggalkan
4. Dimensi teologis, menyampaikan ajaran agama sesuatu yang wajib (dakwah)

2. Identitas Organisasi
Identitas Organisasi adalah proses pembangunan proyek dan tidak bertahan lama atau obyektifitas. Organisasi terbentuk karena adanya identitas. Dari identitas tersebut mereka mendapatkan sumber daya. Banyak organisasi yang memiliki identitas ganda.
Perusahaan mengelola banyak identitas melalui tanggapan seperti sekering identitas bersama (inte-Gration), memisahkan identitas (kompartementalisasi), atau menghubungkan mereka (agregasi).
Identitas organisasi bisa meningkat tergantung pada dukungan stakeholder, legitimasi dirasakan, nilai strategis masa depan, dan keterbatasan sumber daya.

3. RBV
Organisasi retorika sering berkonsentrasi pada tingkat di atas bahwa produk atau stakeholder dan fokus pada memproyeksikan gambar dari organisasi itu sendiri. Pada tingkat itu, isu-isu identitas organisasi dan sumber daya organisasi menjadi sangat penting, yang berarti bahwa RBV sangat relevan untuk memahami proyeksi citra organisasi nasional dan identitas.
Resource based view (RBV) mampunyai arti pengamatan berbasis sumber, maksudnya pengamatan berdasarkan sumber yang ia dapatkan. Jadi dalam suatu organisasi, resource-based view (RBV) adalah manajemen bisnis alat yang digunakan untuk menentukan sumber daya strategis yang tersedia untuk sebuah perusahaan.
Banyak kesepakatan RBV dengan persepsi sumber daya berdasarkan pada kepercayaan subyektif. Namun tidak memberikan RBV menjelaskan bagaimana aktor datang untuk memegang keyakinan tentang sumber daya.
Prinsip mendasar dari RBV adalah bahwa dasar untuk keunggulan kompetitif dari suatu perusahaan terletak terutama dalam penerapan bundel sumber daya berharga di perusahaan pembuangan. Untuk mentransformasi keunggulan kompetitif lari-pendek menjadi keuntungan kompetitif yang berkelanjutan mensyaratkan bahwa sumber daya ini heterogen di alam dan tidak sempurna mobile.
Poin-poin kunci dari teori ini adalah:
1. Mengidentifikasi potensi sumber daya perusahaan kunci.
2. Mengevaluasi apakah sumber daya tersebut memenuhi (VRIN) kriteria sebagai berikut:
• Berharga
• Langka
• Di-imitable
• Non-disubstitusikan
3. Mengasuh dan melindungi sumber daya yang memiliki evaluasi tersebut karena hal sehingga dapat meningkatkan kinerja.

B. Dua Pengaruh antara Sumber daya dan identitas
Yang dimaksud dengan sumber daya bentuk identitas dan retorika, dan identitas dan retorika membangun makna sumber daya. Berbagai jenis retorika mencapai hal ini. Pemasaran retorika proyek identitas dan dengan demikian menggunakannya sebagai alat pemasaran atau sumber daya. Demikian pula, praktisi menggunakan gambar sebagai cermin dan dengan demikian sebagai pembuatan sumber daya akal.
identitas dan sumber daya dapat metaforis direpresentasikan sebagai konsumen dan produsen nilai, masing-masing. Menurut metafora ini, mereka timbal balik yang terkait. Identitas dan sumber daya mempunyai pengaruh antara lain:
- Menggunakan retorika tentang identitas untuk pengaruh arti sumber daya.
- Menggunakan retorika tentang sumber daya untuk pengaruh identitas.

1. Menggunakan retorika Tentang Identitas untuk Pengaruh Arti Sumber Daya.
Menghubungkan dua antara sumber daya dan identitas melalui empat subpropositions tentang sumber daya membentuk identitas. dan empat subpropositions tentang identitas dan retorika membentuk sumber daya digunakan.
a. Menarik Identitas sebagai suatu Sumber Daya berharga
Organisasi menggunakan identitas sosial yang diperoleh dari keanggotaan dalam industri-coba dan badan-badan akreditasi sebagai sumber daya untuk mendapatkan legitimasi. Legitimasi meningkatkan komprehensibilitas dan stabilitas tindakan organisasi, meningkatkan umur panjang organisasi, dan memastikan dukungan penyedia sumber daya penting. Legitimasi adalah sumber daya tidak berwujud kunci untuk mempertahankan keunggulan kompetitif.
Reputasi untuk menyediakan jasa atau produk yang berharga adalah sumber daya perusahaan yang pada dasarnya dapat berubah dengan retorika.
Contohnya, pabrik “A” tidak mempunyai cukup biaya. Jika ingin mempromosikan melalui Iklan. Maka Pabrik A akan memilih Iklan yang paling murah untuk menutupi kelemahan kualitasnya.
b. Identitas khas sebagai suatu Sumber Daya Langka
Identitas sebagian besar didasari oleh apa yang khas. Ketika kekhasan atau perilaku yang mengarah ke bisnis unik yang berguna, identitas adalah sumber daya langka.
Retorika tentang kelangkaan menggunakan asumsi biasa seperti "kualitas langka". Organisasi harus menarik perhatian kelangkaan, sebagai atribut dominan, sebelum perusahaan dapat menikmati keunggulan kompetitif berdasarkan kelangkaan sumber daya.
c. Centre identitas sebagai sumber daya nonsubtitutability
Retorika dapat menghubungkan identitas inimitability (ditiru) dari sumber daya ketika pelaku berusaha untuk meyakinkan pesaing bahwa pesaing tidak dapat menyalin identitas perusahaan.
Contoh, situs web yang bernama facebook sudah tidak bisa ditiru oleh web yang lain. bahkan facebook menjadi penggemar jutaan orang di dunia.
Ini meyakinkan pembaca pengetahuan terletak dan tertanam hubungan erat antara perusahaan konsultan dan kliennya. Identitas sebagai organisasi berorientasi konsultan-klien tidak tepat specifiable sebagai setumpuk rutinitas, dan implementasinya tersembunyi di kompleks dan diam-diam proses sosial perusahaan. Efek retorika dimaksud adalah untuk menunjukkan bahwa identitas organisasi istimewa dan identifikasi stakeholder yang tinggi membuat kinerja tinggi, sehingga bertindak sebagai sumber daya dengan cara yang tidak dapat disalin menarik lebih banyak klien dan menghalangi pesaing potensial.
d. Identitas bertahan sebagai suatu Sumber Daya tidak disubstitusikan.
sebuah perusahaan untuk menggunakan retorika dan identitas untuk membentuk nonsubstitutability dirasakan sumber daya. Sebagai contoh, perusahaan dapat menekankan bahwa itu terus meningkatkan 'pekerja kompetensi dan meningkatkan komitmennya untuk pekerja, sehingga pesaing potensial meyakinkan bahwa kinerja yang lebih baik adalah tidak mungkin. Perusahaan dapat mempublikasikan model bisnis tentang bagaimana mengembangkan dan memanfaatkan pengetahuan baru untuk mencegah pesaing masuk pasar. Efek retorika dimaksud adalah untuk mencegah atau menurunkan moral pesaing dengan membuat terlihat fakta bahwa alasan untuk per-kinerja tinggi tidak disubtitusikan. Dengan cara ini, perusahaan dapat menggunakan retorika untuk membentuk persepsi pesaing dari tidak disubtitusikan sumber dayanya.

2. Menggunakan retorika tentang sumber daya untuk pengaruh identitas.
Organisasi dapat menggunakan retorika untuk membuat perusahaan anggota merasa baik tentang diri mereka sendiri dan tentang apa yang anggota lakukan bersama sebagai sebuah organisasi, yang mengarah ke komitmen yang lebih besar dan perilaku yakin lebih yang akan meningkatkan keunggulan kompetitif.
a. Sumber daya berharga adalah sebagai Meningkatkan Daya Tarik Identitas
agen Perubahan bisa menggunakan sumber daya fisik untuk mengubah identitas organisasi.sumber daya fisik bisa difoto dan akibatnya dapat memiliki makna visual simbolik. Ini makna simbolik sebagian berasal dari sumber daya nonvisual.
Serangkaian keberhasilan dikombinasikan dengan umpan balik reputasi positif, aliran terlihat baik, dan sumber daya yang mendukung ekspansi keyakinan identitas positif. Contoh, seorang Pijat urat bisa digambarkan sebagai dokter yang ajaib. Dengan pijat uratnya bisa mengobati berbagai macam penyakit.
b. Sumber daya langkah adalah sebagai mengaktifkan klaim identitas khusus
perusahaan bergengsi memberikan status anggota dan dukungan identitas. Oleh karena itu perusahaan reputasi adalah sumber daya langka yang mendukung pekerjaan identitas yang dilakukan oleh anggota atas nama citra organisasi dan identitas organisasi.
Retorika merupakan pusat proses pembangunan dan unik karakteristik positif terhadap perusahaan, terutama ketika perusahaan membuat suatu yang lain dari potong produk yang jelas. Contoh, seorang penduduk kota sidoarjo menunjukkan sumber daya langkanya yaitu Udang dan suasana tambak di Sidoarjo.
c. Perusahaan khusus, sumber daya ditiru sebagai Pusat Atribut Identitas.
RBV menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif yang berkelanjutan berasal dari set yang unik sumber daya pesaing tidak dapat meniru. Perusahaan dipengaruhi dalam strategi mereka dengan persepsi mereka tentang pesaing dan kemudahan relatif seseorang pesaing menyalin.
Organisasi berasal beberapa aspek identitas mereka dari jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Jika suatu perusahaan melakukan pekerjaan yang tidak dapat disalin, pekerjaan menjadi salah satu pusat mendefinisikan dan karakteristik identitas perusahaan.
Perusahaan dipengaruhi dalam strategi mereka dalam persepsi mereka tentang pesaing dan kemudahan relatif seorang pesaing menyalin. Jika suatu perusahaan melakukan pekerjaan yang tidak dapat disalin, pekerjaan menjadi salah satu pusat mendefinisikan dan karakteristik identitas perusahaan. Contoh, Pekerjaan Angkutan, angkutan sangat dibutuhkan untuk transportasi ke tempat tujuan.
d. Persisten, sumber daya nonsubstitutable sebagai Atribut Identitas yang bertahan
Risiko substitusi sumber daya timbul karena kompetitor bisa mendapatkan sumber daya alternatif mereka sendiri yang melakukan tugas yang sama menggunakan sumber daya yang berbeda. Karismatik kepemimpinan dan sistem perencanaan formal pengganti sumber daya untuk mencapai koordinasi satu sumber daya mungkin lebih efektif daripada yang lain dalam kasus tertentu.
Jika kepemimpinan karismatik efektif dalam muda, perusahaan kecil, pesaing tidak akan dapat menggantikan kontrol formal dengan sukses yang sama. pendiri perusahaan ini kemudian dihadapkan dengan masalah pembuatan rutin karisma untuk identitas terkait untuk menjadi abadi. Pendiri karismatik kumulatif mungkin berasal atribut yang berhubungan dengan mengambil risiko dan kewirausahaan. Atau seorang desainer eksentrik secara bertahap bisa memperkuat identitas individualitas artistik. Pendiri berusaha untuk membentuk perusahaan dengan cara yang menghalangi pesaing. Teman-persisten Pendiri ketergantungan pada sumber daya nonsubstitutable, oleh tulangan kumulatif, bentuk identitas kaum muda, perusahaan kecil.
Perusahaan dapat menggunakan ideologis dan budaya kontrol untuk membuat asumsi abadi. Efek retorika adalah untuk mencapai identifikasi stakeholder tinggi. Contoh, “kami akan membangun dan setia kepada perusahaan”

C. Menggunakan Retorika Praktitioner untuk Mengelola beberapa identitas
Sumber daya dan identitas mengedepankan retorika memungkinkan praktisi untuk beralih di antara identitas bila diperlukan. organisasi dengan banyak identitas sering memiliki normatif, identitas etis dan rasional, identitas ekonomi.
Misalnya, rumah sakit memiliki banyak identitas, yaitu identitas ekonomi sebagai penghasilan dan identitas normatif sebagai pelayanan pengobatan bagi orang-orang yang sakit.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Casino Site: Bonus Codes - choegocasino.com
Bonus codes for Casino Site: Bonus Codes. Welcome to our casino site where you 카지노 can find all the latest casino promotions, free spins,